SIARAN.ID – Ruang terbuka publik kini mulai ramai akan sebaran potret persuasi politik. Media ruang berbentuk poster atau baliho berkontenkan foto kandidat politik terlihat di titik-titik keramaian warga. Hal ini mengingat Indonesia tidak beberapa lama lagi akan menyelenggarakan pesta demokrasi yakni Pemilihan Umum pada 2024 mendatang.
Dari pantauan siaran.id di lapangan, baliho atau poster tersebut beragam berisikan foto-foto para politisi. Seperti yang terlihat di Kota Tangerang, Banten, misalnya, ada poster berisikan tokoh ketua umum partai politik, kader partai politik, dan para politisi individual.
“Ya mungkin enggak lama lagi mau pemilu, jadi poster atau baliho bergambarkan foto politik itu mulai berseliweran di Tangerang ini, bang,” ujar Tedi (49), salah-seorang warga Tangerang.
Baliho atau poster ini tidak hanya menampilkan foto para politisi saja, namun berisikan teks bersifat branding politis. Dan menurut pengamat komunikasi politik dan media, Alamsyah, maraknya media politik tersebut merupakan bagian komunikasi persuasi dari demokrasi terbuka.
“Saat ini Indonesia tengah memasuki tahun politik, karena 2024 mendatang akan ada Pemilu jadi saya rasa ini kesempatan bagi kandidat politik melakukan persuasi politik di ruang publik,” ujarnya saat dihubungi melalui saluran telepon, Rabu (24/05) sore.
Ditambahkan Alamsyah, maraknya poster atau baliho politik menjelang pemilu tersebut bukanlah ‘curi start’ kampanye.
“Karena kalau saya liat dan perhatikan teks yang ada di poster atau baliho tidak ada yang bernada ajakan (untuk memilih-red), selain itu mereka baru sebatas bakal calon atau belum ditetapkan sebagai calon oleh penyelenggara pemilu, jadi bukan berkampanye,” tandasnya. (MAM/AF/AR)